Jumat, 12 November 2010

TANAMAN HIAS MERAMBAT (LANJUTAN)

4. QUISQUALIS INDICA
Sering juga disebut sebagai tanaman ceguk. Bunganya unik. Warnanya dapat berubah-uhah. Bunga muda berwarna putih. Seiring dengan bertambahnya usia, warnanya akan berubah menjadi merah jambu, hingga akhirnya menjadi merah tua. Tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah. Menghendaki tempat tubuh yang lembap. Kisaran temperatur yang diinginkan 28 - 322C.

5ALAMANDA COKELAT
Kalau kebanyakan Alamanda berbunga kuning, Allamanda cathartica ini berbunga cokelat. Berasal dari  amerika Selatan dan India Barat. Tergolong jenis tanaman bergetah. Alamanda cokelat ruin berbunga dan tahan terkena sinar pun berada di bawah naungan. Dapat diperbanyak melalui stek batang, cangkok maupun dengan biji. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh.

6.A SOLANDRA GRANDIFLORA
Ukuran bunganya sebesar kepalan tongue orang dewasa. Tanaman ini butuh tempat terbuka yang banyak terkeno sinar matahari. Solandra grandiflora mampu tumbuh di atas tanah lint maupun berposir. Nanyo solo is menghendaki kondisi media tanam yang selalu lembap.

7. FLAME OF IRIAN
Termasuk dalam keluarga Leguminoceae atau tanaman kacang-kacangan. Tumbuh subur dan berbunga di ketinggian lebih dari 300 m. Suhu harian rata-rata yang diinginkan berkisar antara 24 - 25°C. Cocok digunakan sebagai tanaman penutup pagar dan pergola.

8. THUNBERGIA MYSORENSIS
Berasal dari Amerika Tengah. Sekerabat dengan terung, tomat don cabai. Subur dan berbunga lebat di dataran tinggi dan berhawa sejuk. Cocok untuk peneduh di teras rumah. Menyukai media berhumus dan lembap. Diperbanyak dengan stek dan biji.

9. MALAITHONG
Tandan bunganya bisa mencapai ukuran panjang 80cm. Dipenuhi ratusan bungs berwarna kuning. Tendon tumbuh si setiap pucuk. Semakin banyak pucuk, kian banyak tendon yang dimiliki.

10. IPOMEA BRAVIENSIS
Sekerabat dengan ubi rambat. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman pagar. Tahan naungan dan tetap rajin berbunga di tempat teduh. Tumbuh subur di dataran rendah. Menyukai kisaran Suhu 29 - 32°C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar