Jumat, 12 November 2010

JENIS TANAMAN HIAS MERAMBAT

blog sebelumnya telah diuraikan tentang tanaman hias, sekarang saya akan menguraikan 10 jenis tanaman hias merambat yang dapat hidup di daerah tropis.

1. PETREA VOLUBILIS
Berasal dari Amerika Selatan. Mampu tetap berbunga lebat meskipun tumbuh di tempat yang ternaung. Menginginkan kisaran suhu 25 - 35°C. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh maupun tanaman merambat di alas pergola. Bunga begerombol dalam tandan. Tiap tandan panjangnya 30 - 40 cm, berisi ratusan bunga.

2. ANTIGONON LEPTOPUS
Tanaman ini berasal dari Meksiko. Pertumbuhannya sangat cepat. Menghendaki tempat penanaman yang terkena sinar matahari secara penuh. Media tanam yang diinginkan berupa campuran tanah, sekam kompos, dan sekam bakar. Perbandinganya 2 : 1 : 1. Kisaran suhu yang diinginkan yaitu 21 - 32°C. Dapat diperbanyak melalui stek maupun secara generatif dengan biji.

3.STROPHANTHUS GRATUS.
Sering juga dijuluki sebagai oleander merambat. Tanaman ini bergetah, memiliki bunga bergerombol dalom 1 tangkai. Suhu udara yang diinginkan berkisar antara 16- 31 °C. Jenis ini tahan naungan dan tahan terpapar matahari. Rajin berbunga dan dapat diperhanyak dengan stek batang maupun stek pucuk. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh dan penghias pagar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar